Mesin Bubut

Membubut ialah proses pembentukan benda kerja dengan mennggunakan mesin bubut. Mesin bubut ialah perkakas untuk membentuk benda kerja dengan gerak utama berputar. Gerakan berputar inilah yang mengakibatkan terjadinya penyayatan oleh alat potong (tool) terhadap benda kerja. Dengan demikian, prinsip kerja dari mesin bubut ialah gerak potong yang dilakukan oleh benda kerja yang berputar (bergerak rotasi) dengan gerak makan oleh pahat yang bergerak translasi dan dihantarkan pada benda kerja. Mesin bubut dipakai untuk mengerjakan bidang-bidang silindris luar dan dalam (membubut lurus dan mengebor), bidang rata (membubut rata), bidang tirus (kerucut), bentuk lengkung (bola), dan membubut ulir.  
Gerakan-Gerakan Dalam Membubut
a   Gerakan berputar, yaitu bentuk gerakan rotasi dari benda kerja yang digerakanpada pahat dan dinamakan gerak potong.  
b      Gerakan memanjang,yaitu bentuk gerakan apabila arah pemotonganna sejajar dengan  sumbu kerja. Gerakan ini disebut juga dengan gerakan pemakanan.
   Gerakan melintang, yaitu bentuk gerakan apabila arah pemotongan tegak lurus terhadap sumbu kerja. Gerakan ini disebut dengan gerakan melintang atau pemotongan permukaan.
2      Mesin potong griding
Mesin gerinda memiliki 2 gerakan utama yaitu berupa berputarnya benda kerja dan watu gerinda yang arah putarannya saling berlawanan sehingga watu gerinda sanggup menyayat benda kerja. Namun mesin ini juga sanggup mengerjakan penggerindaan muka (surface grinding).
Mesin gerinda duduk merupakan mesin yang biasa dipakai untuk mengasah pisau atau pahat. Selain itu juga sanggup dipakai untuk merapikan hasil potongan atau hasil las.

Mesin Bubut
a.      Identitas Mesin
Jenis Mesin      : Mesin bubut lantai
Merk                : AERO Heavy Duty
Buatan             : China
Membubut ialah proses pembentukan benda kerja dengan mennggunakan mesin bubut Mesin Bubut 
a.      Bagian-bagian pada mesin bubut

Membubut ialah proses pembentukan benda kerja dengan mennggunakan mesin bubut Mesin Bubut

Keterangan gambar:
a.       Headstock
b.      Spindle
c.       Toolpost
d.      Tailstock
e.       Eretan
f.       Gearbox
g.      Apron
h.      Tuas Pengatur Kecepatan 
1.      Kepala Tetap ( head stock )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *