Syarat Terjadinya Pembakaran

Syarat terjadinya pembakaran pada sebuah motor ialah tersedianya oksigen yang cukup, materi bakar yang cukup dan panas atau api yang baik.
Proses terjadinya pembakaran pada motor bensin.

Pembakaran didalam mesin motor sanggup terjadi apabila tiga syarat pembakarn terpenuhi. Tiga syarat pembakar tersebut yaitu 1. Ada yang dibakar (campuran udara dan materi bakar), 2. Ada yang mengkremasi (api/panas atau tekanan), dan 3. Adanya ruang bakar (chamber). Piston bergerak dari TMA ke TMB, katup hisap terbuka, adonan materi bakar dan udara terhisap ke dalam silinder. Selanjutnya adonan materi bakar dan udara dikompresi oleh gerak naik piston dari TMB ke TMA (katup hisap dan katup buang tertutup). Pada tamat langkah kompresi sekitar 5-10 derajat sebelum TMA busi memercikkan bunga api sehingga terjadi ledakan (temperatur naik sekitar 25000C dan tekanan sekitar 50 kg/cm2 di ruang bakar) didalam ruang bakar yang akan mendorong piston dari TMA ke TMB disebut langkah kerja. Setelah itu piston bergerak dari TMB ke TMA, katup buang terbuka dan gas sisa hasil pembakaran terdorong keluar melalui jalan masuk buang.
Upaya yang sanggup dilakukan atau perkembangan teknologi untuk memperbaiki kualitas pembakaran pada motor bensin dengan memakai system EFI. Sebuah sistem penyemprotan materi bakar yang dalam kerjanya dikontrol secara elektronik semoga didapatkan nilai adonan udara dan materi bakar selalu sesuai dengan kebutuhan motor bakar, sehingga didapatkan daya motor yang optimal dengan pemakaian materi bakar yang minimal serta memiliki gas buang yang ramah lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *